4 Cara Mudah Beternak Bekicot di Rumah





4 Cara Mudah Beternak Bekicot di Rumah - Bekicot adalah satu jenis hewan yang katanya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Sudah banyak sekali jenis makanan yang terbuat dari daging bekicot ini seperti sate bekicot, tongseng bekicot bahkan sampai menjadi olahan keripik bekicot. Untuk itulah beternak bekicot dilirik oleh beberapa peternak apalagi jika dapat menembus pasar ekspor.

Di kota Perancis Italia, bekicot disajikan direstoran-restoran mewah dan dijadikan kuliner yang mewah. Untuk itu permintaan daging bekicot disana cukup tinggi. Belum lagi permintaan daging bekicot sebagai obat-obatan, maka bertenak bekicot dapat menjadi alternatif penghasilan bagi anda.Beternak bekicot tergolong mudah asalkan ditempatkan didaerah yang lembab, teduh dan banyak dedaunan, bekicot akan mudah untuk berkembangbiak.

1. Pembuatan Kandang


Kandang bekicot harus didirikan ditanah yang teduh dan lembab dengan suhu sekitar 25 sampai 30 derajat celcius, jangan sampai kandang terkena cahaya matahari secara langsung karena akan mengakibatkan udara yang masuk kedalam kandang menjadi kering. Cara pemeliharaan bekicot dalam kandang dapat dilakukan dengan cara memisahkan antara bekicot kecil, bekicot besar dan bekicot calon indukan. Bedakan mana bekicot yang ditujukan untuk pembibitan dan untuk dipanen.

Ada beberapa jenis kandang yang digunakan untuk beternak bekicot diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Kandang kotak kayu

Kandang kotak kayu terbuat dari lembaran kkayu triplek berkaki dengan ukuran panjang 1 meter, lebar 1 meter dan tinggi 1,25 meter. Pada bagain atas kandang berikan kawat kasa agar bekicot tidak bisa kabur dan dapat menjadi tempat berteduh bagi bekicot.

b. Kandang semen

Ukuran untuk kandang semen tidak jauh berbeda dengan ukuran kandang kotak kayu. Pada bagian dasar kandang semen berikan tanah yang mengandung cacing untuk menjaga agar kandang tetap lembab. Lapisi bagian dasar kandang dengan menggunakan tanah sekitar 30 cm.

c. Kandang galian tanah

Kandang galian tanah dibuat dengan ukuran panjang 1 meter, tinggi 1 meter, dan lebar 1 meter. Kandang galian tanah dibuat dibawah pohon yang rimbun dan agak kering.

2. Pemilihan Bibit Bekicot


Bekicot yang dijadikan sebagai bibit harus dipilih yang tidak terdapat cacat pada cangkangnya. Memiliki tinggi cangkang minimal 7 cm dan memiliki berat kurang lebih 70 gram. Ada dua jenis bekicot yang dapat diternakan yaitu spesies Achatina fulica dan Achatina variegata.

3. Pemberian Pakan


Pakan untuk bekicot beraneka ragam mulai dari sisa sayuran, buah-buahan yang rusak sampai dedaunan yang lunak dan yang banyak mengandung air. Bekicot juga dapat diberikan pakan tambahan berupa dedak yang dikempalkan dengan air, ampas tahu dan kapur tembok yang berguna untuk memperkuat cangkang.

Pemberian pakan dilakukan 3 kali dalam sehari dan pemberiannyapun harus seimbang, yaitu 60 % hijaun, ampas tahu 30 % dan katul 10 %. Kebutuhan pakan bekicot berdasarkan umur : umur 0-3 bulan 0.25 gram, umur 3-4 bulan 0,5 gram, umur 4-5 bulan 1 gram dan untuk bekicot yang  berumur 5-7 bulan 1,5 gram.

4. Tahap Perkawinan Atau Perkembangbiakan

Kandang untuk indukan bekicot harus diusahakan untuk tetap basah. Jika kering segeralah lakukan penyiraman atau tutupi dengan menggunakan karung goni basah agar airnya dapat menetes kedalam kandang indukan. Kandang dengan ukuran 1 meter persegi dapat diisi dengan bekicot sebanyak 60 induk.

Saat induk bekicot berumur 6-7 bulan hal ini menandakan bahwa bekicot sudah siap atau matang untuk melakukann reproduksi. Dalam waktu 1-2 hari indukan bekicot sudah siap untuk mengeluarkan telur-telurnya,dan dalam waktu 7 hari sampai 12 hari telur-telur ini sudah siap menetas.

Pemeliharaan dan pembesaran anakan pada dasarnya sama prinsipnya dengan pemeliharaan bekicot untuk indukan. Setiap 1 meter persegi kandang anakan mampu diisi dengan kurang lebih dari 300 anakan bekicot dan dalam kandang pembesaran dalam 1 meter persegi mampu menampung 100-150 anakan bekicot yang berumur 3 sampai 7 bulan. Dalam 6 bulan cangkang bekicot memiliki panjang sekitar 8-10 cm dan memiliki berat rata-rata 50 gram, pada saat inilah bekicot siap untuk dipasarkan.

Subscribe to receive free email updates: