Cara Mudah Beternak Parkit Agar Cepat Bertelur


Cara Mudah Beternak Parkit Agar Cepat Bertelur
Membuat burung parkit cepat bertelur nyatanya bukan suatu hal yang mudah.  Kebanyakan dari indukan parkit bukannya bertelur malah berkelahi sampai terjadi kematian. Mungkin permasalahan ini yang sering terjadi bagi anda para peternak parkit. Nah berikut ini akan kami sajikan informasi cara beternak parkit agar cepat bertelur:

1. Pilihlah Indukan Parkit Yang Sudah Jinak


Dalam beternak parkit ini sangat membutuhkan indukan yang sudah jinak karena dengan menggunakan indukan yang sudah jinak dan tidak galak akan lebih mempermudah kita dalam melalukan penangkaran. Selain itu indukan parkit yang sudah jinak akan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan manusia lebih cepat. Dengan demikian parkit tidak mudah sters dan kaget apabila melihat manusia.

2. Gunakan Induk Parkit Yang Sudah Satu Pasang Saat Membelinya


Belilah atau gunakanlah indukan parkit yang telah siap untuk reproduksi dan beli dalam keadaan sudah satu pasang. Jika membeli indukan parkit secara terpisah nantinya akan membutuhkan waktu yang lama dalam prsoses perjodohan. Tidak itu saja biasanya proses perjodohan banyak yang tidak berhasil sehingga menyebabkan waktu yang lebih lama lagi.

3. Berikan Obat Anti Sters Dan Makanan Yang Mengandung Gizi


Seperti halnya manusi parkit juga mudah mengalami stres baik itu karena kaget, takut atau dengan lingkungan yang baru. Untuk menghindari terjadinya stres pada parkit anda dapat memberikan parkit suplemen vitamin dan obat anti stres.

Selain itu parkit juga membutuhkan makanan yang kaya protein dan gizi yang berguna sebagai penyubur kandungan untuk burung parkit. Makanan yang dibutuhkan untuk menyuburkan kandungan parkit antara lain adalah kangkung, touge dan jagung muda. Pemberia pakan dilakukan 2 kali sampai 3 kali dalam satu minggu agar indukan parkit betina segera bertelur.

4. Letak Lokasi Kandang


Lokasi kandang yang dijadikan sebagai tempat penangkaran atau peternakan burung parkit sangat menentukan tingkat kesuksesan. Lokasi kandang yang terlalu dekat dengan tempat-tempat yang menimbulkan kebisingan akan mempengaruhi parkit tidak segera bertelur.  Tempatkan kandang peternakan parkit yang susah dijangkau oleh hewan-hewan yang mengganggu ketenagangan indukan parkit seperti kucing, anjing, cicak, semut dan ayam.

Ada hal yang lebih penting lagi dalam beternak parkit agar cepat bertelur yaitu sirkulasi udara yang baik dan cahaya matahari yang cukup. Matahari pagi sekitar pukul 06.00 sampai pulul 10.00 sangat berpengaruh untuk kesehatan indukan parkit. Jadi pastikan bahwa kandang yang anda buat bisa terkena sinar matahari tersebut dan memiliki sirkulasi udara yang baik.


Subscribe to receive free email updates: