Cara Budidaya Ternak Jangkrik Untuk Pemula

Cara Budidaya Ternak Jangkrik Untuk Pemula -Jangkrik dalam bahsa latin (Gryllidae) adalah jenis serangga yang unik dan memeiliki suara yang khas. Jangkrik adalah hewan yang aktiv di malam hari. Jangkrik sangat cocok buat peluang bisnis karena pada saat ini jangkrik banyak di cari oleh masyarakat yang digunakan sebagai pakan burung kicauan. Pada kali ini kita akan membahas tentang budidaya jangkrik.

Langkah yangpertama dalam budidaya jangkrik adalah menentukan tempat :
  1. Usahakan mencari tempat yang tenang, teduh, dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  2. Jauhkan budidaya jangkrik dari tempat keramaina seperti jalan raya, pasar dan lain sebagainya.
  3. Usahakan tempat budidaya jangkrik tidak terkena sinar matahari secara langsung atau berlebihan.
  4. Bebas dari ganguan predator agar jangkrik aman
  5. Usahakan tempat budidaya jangkrik jauh dari kandang ayam
  1. Cara berternak jangkrik :

  1. Persiapan sarana dan pembuatan kandang budidaya jangkrik

Kandang jangkrik di buat persegi panjang dengan tinggi kandang antara 30 cm – 50 cm, lebar 60 – 100 cm dan panjang 120 – 200 cm. Untuk membuat kotak kita bisa menggunakan papan kayu dengan rangka kaso.Kandang jangkrik biasanya di buat bertingkat di mana di kandang bawah memiliki minimal 4 kaki penyangga dan di bagian kaki di alasi mangkuk yang berisi oli atau air. 
Cara Budidaya Ternak Jangkrik Untuk Pemula
 
Agar lebih mirip dengan habibat asli nya pada bagian dalam kandang lengkapi dengan dedaunan kering pada bagian dasar di lapisi dengan pasir halus atau kapur. Pada bagian dinding sebaiknya di lakban agar jangkrik tidak merayap naik sampai keluar kandang. 
  1. Pembibitan jangkrik

Setelah kandang selesai lanjutkan dengan pembibitan. Bibit jangkrik yang baik adalah jangkrik yang sudah berumur 10 – 20 hari.Untuk induk yang baik usahan di dapat dari alam bebas karena memiliki ketahanan tubuh yang baik.

Ciri – ciri induk jangkrik jantan dan betina yang baik untuk di gunakan dalam budidaya jangkrik :
  1. Induk betina memiliki sungut yang cukup panjang kemudian memiliki dua kaki belakang yang lengkap agar dapat melompat dengan tangkas. Pilihlah induk jangkrik yang berbadan besar dan jangan memilih jangkir yang mengeluarkan cairan dari mulutya saat di pegang.
  2. Induk jantan biasanya akan selalu mengeluarkan suara mengerik kemudian pada permukaan punggung tau sayangnya kasar bergelombang. Dan tidak memiliki ovipositor pada bagian ekornya.
Dalam merawat jangkrik sejak umur 10 hari harus benar – benar teliti dan rajin mengontrol dalam hal pemberian pakannya karena pertumbuhanjangkrik tersebut akan semakin pesat jika kita kurang memberikan pakan maka jangkrik akan memakan temannya sendiri. Pakan jangkrik berupa ubi, singkong, sayuran dan dedaunan.

Perkembangbiakan jangkrik yang umum di lakukan dengan cara mengawinkan induk jantan dan induk betina. Induk betina dapat menghasilkan telur yang memiliki daya tetas tinggi kurang lebih 80 – 90 %.

Dalam satu kandang cukup meletakan 1 – 2 sendok teh telur di mana 1 sendok teh di perkirakan akan menghasilkan sekitar 1.500 – 2.000 butir telur.
  1. Pemeliharan jangkrik

Sebelum memasukan jangkrik ke kandang ada baiknya menggunakan lumpur sawah untuk mengoleskan pada bagian dinding kandang. Menjaga kandang jangkrik agar memiliki kondisi menyerupai dengan habitat aslinya sangat penting namun mengontrol makanan jangkrik juga sangat penting.
  1. Pemeliharaan kandang jangkrik

Perawatan kandang jangkrik tidak sulit cukup menjaga kelembaban kandang dan juga sebisa mungkin mencegah agar hama atau bahaya dari luar dapat di hindari.
  1. Hama dan penyakit jangkrik

Hama yang sering menyerang jangkrik adalah semut, tikus, tikus, cicak, katak, ular dan serangga lainnya. Sebaiknya makanan dan daun – daunan yang berjamur segeralah di buang agar terhindar dari penyakit.
  1. Pemanenan jangkrik

Para peternak jangkrik bisa mendapatkan keutungan atau bisa memanennya dengan 2 cara di mana nilai ekonomisnya sama besar. Yakni dengan menjual telur jangkrik kepada peternak lain atau menjual jangkriknya langsung.

Subscribe to receive free email updates: