7 Cara Budidaya Bunga Anggrek dengan Mudah

7 Cara Budidaya Bunga Anggrek dengan Mudah - Bunga anggrek merupakan salah satu tanaman hias berupa benalu yang bunganya indah. Karena keindahan yang dimiliki oleh bunga anggrek membuat bunga anggrek banyak diminati. Budidaya anggrek cukup mudah asal dirawat dengan baik, anggrek dapat tumbuh di berbagai iklim.
7 Cara Budidaya Bunga Anggrek dengan Mudah

Cara menanam bunga anggrek


Secara umum bunga anggrek terbagi menjadi 2 jenis yaitu anggrek Epiphyt dan anggrek Terrestris atau anggrek tanah. Anggrek Epiphyt adalah jenis tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain tapi tidak mengganggu tanaman tersebut sedangkan anggrek Terrestris adalah jenis anggrek yang hidup pada tanah humus yang subur.

Budidaya anggrek sebenarnya tidaklah terlalu rumit, bahkan untuk menanam bunga anggrek Anda tidak harus menggunakan pot, karena tanaman anggrek bisa menempel pada tanaman lain. Untuk lebih baiknya tentu akan lebih maksimal bila menggunakan pot tersendiri.
  1. Memilih lokasi yang baik untuk budidaya tanaman anggrek

Pilih lokasi yang mempunyai intensitas matahari yang cukup baik karena pertumbuhan tanaman anggrek sangat terpengaruh oleh sinar matahari. Berdasarkan tingkat kebutuhan intensitas cahaya matahari tanamann anggrek di bedakan menjadi tiga jenis.
Jenis yang pertama tanaman anggrek harus terkena sinar matahari langsung, dan jenis anggrek yang cocok ditanam di tempat yang terbuka adalah anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera. Sedangkan jenis kedua adalah tanaman anggrek yang bisa tumbuh baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Sedangkan jenis yang ketiga adalah tanaman anggrek yang tidak menyukai sinar matahari sehingga anda harus menempatkannya d tempat yang teduh.
  1. Perhatikan ketinggian pot untuk menanam bunga anggrek

Selain kondisi lingkungan ketinggian lokasi penanaman anggrek juga mempengaruhi pertumbuhan anggrek yang Anda budidayakan. Teknik menanam selanjutnya adalah menanam anggrek menurut ketinggian lokasi tanam. Berdasarkan ketinggian lokasi tanam anggrek terbagi menjadi tiga jenis.

Tempat yang bagus untuk pertumbuhan anggrek adalah tempat yang memiliki angin sepoi-sepoi. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni kelembaban udaranya agar tanaman anggrek bisa tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.
  1. Memilih bibit bunga anggrek

Pilihlah bibit yang siap untuk dibudidayakan biasanya bibit yang bagus adalah bibit yang telah berusia 1 tahun dan telah memiliki daun serta akar. Tanamlah bibit tersebut ke dalam plastik selama 3 bulan setelah itu baru dipindahkan kedalam pot kecil yang berdiameter 6 – 12 cm.

Berikanlah pupuk organik selama proses pembibitan agar pertumbuhan anggrek dapat maksimal. Setelah 3 bulan anda dapat memindahkan anggrek kedalam pot yang lebih besar.
  1. Akar bibit bunga anggrek

Setelah tiga bulan biasanya akar akan tumbuh dan seringkali sampai menyembul keluar dari tanah. Sering kali terjadi kesalahan disini akar yang menyembul keluar tanah jangan di masukan kembali tetapi pindahkanlah tanaman anggrek ke dalam pot yang lebih besar.
  1. Batang bunga anggrek

Sebagian tanaman anggrek memiliki batang yang menjulang tinggi. Untuk menjaga batang tersebut agar tidak roboh gunakan tiang penyangga.
  1. Tempatkan pada suhu yang tepat

Anggrek akan tumbuh baik di tempat yang bersuhu sekitar 14 – 36 derajat celcius.
Jika anda dapat menjaga suhu secara teratur anggrek akan mengeluarkan bunga yang sangat indah
  1. Cara memindahkan anggrek

Sebelum mencabut bibit anggrek terlebih dahulu siapkan pot baru yang akan digunakan sebagai tempat baru bagi anggrek. Setelah itu barulah anda pindahkan anggrek ke pot yang baru. Pastikan posisinya sempurna dan tambahkan media tanam lain seperti pakis cincang.


Subscribe to receive free email updates: