7 Cara Budidaya Cacing Sutra Untuk Pemula

7 Cara Budidaya Cacing Sutra Untuk Pemula - Keberadaan cacing sutra menjadi naik daun karena meningkatnya penggunaan cacing sutra sebagai pakan ternak  dan ikan yang mereka budidayakan. 

Permintaan akan persediaan stok cacing sutra yang banyak di butuhkan para pelaku budidaya seperti ikan hias, burung, dan sebagainya, mau tidak mau membuat permintaan akan cacing sutra meningkat dimana stok alam tidak dapat diandalkan selain stok yang minim juga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem alam, serta para pelaku budidaya cacing sutra yang masih sedikit yang membuat usaha budidaya ini patut anda lirik .

Untuk para pemula budidaya cacing sutra berikut adalah cara budidaya cacing sutra bagi pemula :

1. Persiapkan bibit cacing sutra

Bibit cacing sutra dapat di cari di toko – toko pertanian ataupun mencarinya dengan cara manual yaitu di sawah – sawah ataupun sungai. Setelah mendapatkan bibit cacing sutra, bibit cacing sutra di karantinakan dengan air yang mengalir hal ini bertujuan untuk menghilangkan segala jenis bakteri. Masa karantina ini membutuhkan waktu 2 – 3 hari.

2. Media budidaya cacing sutra

Untuk media budidaya cacing sutra anda dapat menyiapkan kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter persegi yang dilengkapi dengan saluran keluar dan masuknya air. Kemudian buatlah petakan – petakan dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 10 cm dan diantara petakan tersebut di beri lubang dengan jari – jari anda.

3. Pemupukan lahan budidaya cacing sutra

Pemupukan lahan sangat penting karena cacing sutra dapat bertumbuh dengan baik dan berkembang biak dengan baik. Pemupukan dapat menggunakan pupuk kandang atau ampas tahu.

4. Fermentasi lahan budidaya cacing sutra

Fermentasi dapat anda lakukan dengan cara merendam terlebih dahulu lahan yang akan gunakan sebagai budidaya cacing sutra selama 3 hingga 4 hari dengan menggenangi air setinggi 5 cm.

5. Penebaran bibit cacing sutra

Setelah semua langkah diatas telah anda lakukan, waktu untuk penebaran bibit cacing ke lahan yang telah anda siapkan. Pastikan selama penebaran bibit dan perawatan cacing sutra, lahan anda dialiri air yang terus mengalir meskipun dengan debit air yang kecil dan lambat.

6. Makanan cacing sutra

Untuk pakan cacing sutra anda dapat menggunakan bahan organik pakan cacing sutra yang di campur dengan lumpur atau sedimen yang biasa terdapat didasar lahan.

7. Panen cacing sutra

Cacing sutra dapat dipanen setelah 75 hari dari proses pembibitan . Dan anda dapat memanen cacing sutra secara berkala setiap 15 hari nantinya.


Subscribe to receive free email updates: